Pentingnya Zat Besi Bagi Tubuh

4 12 2008

Dalam mengonsumsi suplemen Besi sebaiknya yang mengandung Ferrazone yakni sumber zat besi.

Ferrazone adalah preparat besi yang sedikit sekali menimbulkan masalah di lambung. Selain itu mudah diserap, dan tidak mudah terganggu dengan keberadaan kafein dalam kopi, teh, atau coklat.

Zat besi sangat penting bagi tubuh. Mereka yang kekurangan zat besi bisa mengidap penyakit anemia atau kurang darah. Namun apakah sebenarnya fungsi dari zat besi dalam tubuh? Menurut spesialis Gizi Klinik dr Samuel Oentoro, zat besi berfungsi untuk membentuk sel darah merah. Dan sel darah merah berugas membawa oksigen dan zat zat makanan ke seluruh tubuh, juga membantu proses metabolisme tubuh untuk menghasilkan energi.


Jika asupan zat besi dalam tubuh berkurang, otomatis sel darah merah akan berkurang dan tubuh juga akan kekurangan oksigen. Akibatnya muncul gejala anemia, yaitu 5L (letih, lemah, lesu, lelah,dan lunglai). Pola makan yang benar sangat mempengaruhi masuknya zat besi dalam tubuh karena itu memperbaiki pola makan merupakan cara yang diperlukan untuk mengatasi Anemia. Selalu menerapkan pola makan sehat dengan memperhatikan jumlah, jadwal, dan jenisnya. Jumlah yang dimaksud adalah harus sesuai dengan kebutuhan tubuh, tidak terlalu sedikit, tetapi juga tidak berlebihan. Jadwal makan juga harus diperhatikan, yaitu tiga kali satu hari. Selain itu gizi yang masuk ke tubuh juga harus seimbang. Makanan yang di konsumsi idealnya mengandung 60% – 70% karbohidrat 10% – 15% protein 20% – 25% lemak vitamin dan mineral. Selain itu usahakan juga untuk minim delapan gelas air putih sehari. Perbanyak juga mengonsumsi makanan yang kaya zat besi, seperti daging merah, hati, keju, ikan, sayuran, berwarna hijau tua,dan kacang kacangan. Disarankan juga untuk memperbanyak asupan asam folat dan vitamin B-12. Asam folat bisa didapatkan dari hatidan sayuran hijau tua. Sedangkan vitamn B-12 bisa didapatkan dari ikan, daging, susu, dan keju. Namun sebaiknya jangan terlalu banyak mengonsumsi daging merah, mentega,atau keju karena bahan bahan makanan itu mengandung kolesterol tinggi. Jangan sampai bebas Anemia namun berisiko sakit jantung. Sebaiknya pilihlah ikan sebagai sumber utama asupan zat besi. Disamping itu, mengonsumsi zat besi yang beredar dipasaran juga bisa membantu mengatasi Anemia. Terutama saat datang haid, karena darah yang dikeluarkan selama menstruasi mencapai 30-80 cc setiap hari.

Perlu diingat, sebainya mengonsumsi suplemen zat besi saat perut kosong, sehingga penyerapannya bisa lebih optimal.*

About these ads

Aksi

Information




Ikuti

Get every new post delivered to your Inbox.

%d bloggers like this: